Seedbacklink
BloggerHub

2 Cara Riset Keyword Blog Gratis

Beberapa waktu lalu berkesempatan sharing tentang cara riset keyword blog bersama teman-teman anggota baru Komunitas ODOP (One Day One Post) yang mengambil kelas OBS atau ODOP Blogger Squad. Sebenarnya sempat maju mundur ketika ditawari untuk memberikan materi ini, tapi dipikir-pikir tidak ada salahnya sambil belajar kembali tentang blog dengan seluk beluknya, termasuk riset keyword sebagai bagian dari ikhtiar untuk optimasi blog dan berharap mudah-mudahan teman-teman anggota komunitas ODOP baru semakin semangat dalam belajar blognya.

Apa itu Riset Keyword

Apa itu keyword? secara bahasa artinya kata kunci. Keyword ini juga sering disingkat penyebutannya dengan istilah KW. Dalam dunia blog keyword ini adalah kata atau frasa yang mewakili isi konten blog. Sedangkan riset keyword dapat dipahami sebagai proses dalam menemukan dan juga menganalisa kata kunci yang akan kita gunakan sebagai bahan tulisan di blog dengan harapan tentunya dapat mengoptimasi blog dari sisi SEO.

Tentunya riset keyword ini akan sangat bermanfaat karena jika berhasil dalam prosesnya akan sangat memungkinkan tulisan kita akan muncul di halaman pertama google dan berkesempatan besar untuk lebih banyak dibaca oleh masyarakat sehingga kemanfaatan dari tulisan blog kita akan lebih banyak dirasakan oleh banyak masyarakat.

Jenis Keyword

Keyword itu banyak sekali jenisnya. Jika dilihat dari segi jumlah katanya, keyword ini terbagi menjadi 2, yaitu:
  1. Short tail keyword atau kata kunci pendek yang biasanya terdiri dari dua kata
  2. Long tail keyword atau kata kunci panjang terdiri dari 3 kata atau lebih
Salah satu strategi dalam riset keyword blog adalah dengan mencari KW jenis long tail keyword. Jenis keyword ini banyak tersedia dan juga lebih minim persaingannya.

Cara Riset Keyword Blog

Ada berbagai motif para narablog dalam menulis di blog personal masing-masing. Ada yang menulis dengan gaya suka-suka pribadi, ada juga yang menulis dengan memperhatikan kaidah-kaidah SEO atau Search Engine Optimization. Tidak ada yang salah dengan keduanya, semua dikembalikan kepada gaya dan cara menulis setiap blogger itu sendiri.

Untuk yang memilih menulis di blog dengan belajar memenuhi kaidah SEO, tentunya banyak tahapan yang akan dilalui mulai dari SEO on page, SEO off page, sampai menganalisa atau riset keyword blog. Semua dilakukan dengan harapan tulisan kita dapat muncul di halaman awal google dan dapat membantu masyarakat yang sedang mencari informasi di internet sesuai kebutuhan masing-masing.

Ada beberapa cara dalam meriset keyword untuk blog. Pada tulisan kali ini kita akan membahas dari 2 cara yang keduanya bisa dilakukan dengan gratis. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur People Also Ask (PAA) yang dalam Bahasa Indonesia menggunakan istilah Orang Lain Juga Bertanya di google chrome dan juga menggunakan tool khusus untuk riset keyword.

1. Riset Keyword Blog dengan Fitur PAA 

Contoh riset menggunakan fitur PAA di google chrome misalnya ketika ketika mengetik kalimat: Apa itu e-meterai? maka dibawah pencarian kita akan menemukan beberapa saran keyword di PAA

Maka poin-poin di PAA ini bisa kita jadikan keyword penguat atau tambahan dari bahasan keyword utama yang akan kita tulis atau bisa juga kita jadikan tulisan terpisah. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan apalagi untuk blog pemula, jadi teman-teman bisa mencobanya sekreatif mungkin dalam mencari keyword untuk tulisan blog.

Untuk melihat seberapa banyak pencarian keyword yang kita target bisa diklik fitur tool atau alat pada google chrome. Kemudian kita juga bisa melihat data angka all in title dengan cara yang sama dengan menambahkan kata allintitle: (keyword). All in title sendiri berfungsi untuk mencari seluruh artikel maupun website yang berjudul sesuai yang kita cari. 

2. Riset Keyword Blog dengan Menggunakan Tool

Langkah yang harus dilakukan untuk riset keyword dengan menggunakan tool khusus adalah dengan mempunyai perangkat atau tool untuk riset keyword-nya. Tool untuk riset keyword sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Beberapa tool gratis yang bisa digunakan contohnya adalah Whatsmyserp dan Keyword Surfer. Teman-teman bisa meng-download di chrome web store : https://chromewebstore.google.com/ di bagian ekstensi. Setelah didownload kemudian pin dalam komputer atau laptop kita.

Cara Riset Keyword dengan Whatsmyserp atau Keyword Surfer

Setelah tool seperti Whatsmyserp kita download, langkah selanjutnya dalam mencari keyword blog ini juga cukup mudah. Misalkan ketika kita mengetik: Pengertian Lingkungan Hidup


Maka akan keluar saran keywords lainnya yang bisa kita jadikan subheading atau bisa juga dijadikan tulisan terpisah. Cukup mudah kan, ya?

pada tool Whatsmyserp ini terdapat fitur Vol dan CPC

  • Vol adalah metrik yang digunakan untuk menggambarkan besarnya pencarian pengguna search engine terhadap keyword tertentu
  • CPC adalah singkatan dari cost per click atau biaya per klik, yang merupakan metrik untuk menghitung berapa banyak pengiklan membayar untuk setiap klik pada iklannya. CPC merupakan model pendapatan iklan daring yang umum digunakan

Untuk menguatkan riset keyword, kita bisa juga mengukur dari sisi keyword difficulty atau yang biasa disingkat KD. Keyword difficulty sendiri yaitu metrik yang digunakan untuk menggambarkan kesulitan keyword tertentu untuk dapat ranking.

Tool yang bisa digunakan untuk mengukur keyword difficulty ini contohnya adalah SEOquake yang bisa didownload di chrome web store, sama seperti Whatsmyserp. Setelah di download, jangan lupa untuk di PIN supaya dapat tampil/tampak di komputer atau laptop kita.

Salah satu langkah yang bis akita lakukan adalah mencari keyword dengan KD di bawah 50% untuk menghindari persaingan dengan website-website besar yang sudah muncul duluan di google.

Riset Keyword Blog itu Susah, Ribet,.. atau?

Untuk yang mencoba pertama kali mengaplikasikan urutan dalam riset keyword blog mungkin akan terasa ribet atau bahkan susah sekali. Tetapi insyaAllah jika dibiasakan, lama-lama kita akan menikmati prosesnya dan tentu saja menikmati hasilnya.

Kemungkinan besar artikel kita muncul di halaman pertama google semakin besar dan kemanfaatan dari tulisan blog kita akan banyak dirasakan oleh para pembaca. Kalau tulisan kita bermanfaat untuk orang banyak, insyaAllah akan jadi amal kebaikan dong untuk kita sebagai penulisnya.

Yuk tetap semangat buat ngeblog, up grade terus informasi dan ilmu blog, salah satunya bisa bergabung dengan komunitas yang memfasilitasi anggotanya untuk sharing ilmu. Salah satu komunitas yang selalu memberikan kelas-kelas menulis gratis adalah Komunitas ODOP yang mempunyai kelas menulis untuk media online/offline, menulis buku, dan menulis di blog, yang salah satu materinya adalah tentang riset Keyword blog.

Lebih lamaTerbaru

16 komentar

  1. menerapkan People Also Ask (PAA) in iyang sedang saya terus coba, karena sepertinya memiliki pengaruh yang cukup signifikan dari sisi optimalisasi SEO Offpage ya, kak? thanks buat sharingnya.

    BalasHapus
  2. Butuh konsistensi memang kak untuk menjalankan riset keyword pas posting blog, tapi kalau udah jadi kebiasaan hasilnya akan manis. Semangat terus kak.

    BalasHapus
  3. Akuuu yang termasuk merasa jikamengaplikasikan urutan dalam riset keyword blog itu ribet huhuhu...padahal kalau udah biasa ya bakal lancar jaya yaaa

    BalasHapus
  4. Keyword biasanya aku pakai tools dari ubbersuggest atau google keyword, ternyata bisa juga ya pakai whatsmyserp. Itu semacam extension ya kak? Atau emang full web? 🙏🏻😊

    BalasHapus
  5. Saya biasanya riset keyword pake PAA, karena paling simpel, cocok juga buat nambahin subtopic dari main topic yang udah kita pilih sebelumnya

    BalasHapus
  6. Riset keyword tuh kaya tricky kalo buat aku..
    Kaya mau mudah tapi heiyy kata siapa? Hahaha sulit ternyata... tapi coba terus biar seo makin bagus

    BalasHapus
  7. Saya selama ini juga pake whatsmyserp, belum pernah coba keyword surfer. Mau mengimplementasikan PAA tapi masih belum terbiasa, padahal katanya cukup ampuh, ya?

    BalasHapus
  8. Buat aku yg ga pnh riset keyword, artikel ini cukup menyadarkan aku klo aku nih asal bikin judul dan topik. Okey..simpen ah..biar keingetan terus utk perhatian. Thx yaa

    BalasHapus
  9. Udah lama juga saya gak membuat judul dengan riset keyword. Udah agak jarang ngeblog juga. Saya mau coba lagi, deh. Seru juga riset keyword begini

    BalasHapus
  10. Saya tergolong narablog yang selalu lupa dan "lupa" untuk riset kata kunci buat nulis di blog. Memang belum terbiasa dan belum terlatih.

    BalasHapus
  11. Ah sudah lama sekali saya tidak melakukan riset keyword, karena memang kebetulan blog saya cuma gado-gado yang... yahh begitulah menulis sesuai mood aja. Jadi, artikel ini bikin saya reminder lagi sih kalau aku emmang perlu belajar keyword lagi

    BalasHapus
  12. Aku sering lupa menyebar keyword, meskipun udah sering diingatkan. Padahal udah terbukti sih, yang kw-nya tepat tuh efekktif untuk mendatangkan pengunjung blog.

    BalasHapus
  13. Cocok banget nih untuk blogger untuk tau tentang riset keyword dan berbagai strateginya membuat proses blogging terasa lebih mudah. Semangat belajar di Komunitas ODOP jelas terbukti, dan semoga semakin banyak blogger yang terbantu dengan tips ini!

    BalasHapus
  14. sebenarnya udah lama download dan instal Whatsmyserp itu tapi masih jarang banget digunakan, padahal kalau pakai itu lebih memudahkan sih ya Kak dalam riset keyword.
    harus mulai dibiasakan nih dari sekarang nih.

    BalasHapus
  15. Aih, sepakat dengan paragraf terakhir, jadi teringat 'Big Why?' saat pertama kali bikin blog. Ingin tulisan bermanfaat bagi yang membacanya.

    BalasHapus
  16. Menggunakan Chrome Extension sebagai bagian dari proses keyword research, ini sangat menarik. Terlebih, Whatmyserp, kita bisa melihat persaingan keyword langsung di hasil pencarian

    BalasHapus