Seedbacklink
BloggerHub

Jambore Literasi, Contoh Literasi yang Menarik yang Patut Kita Dukung

Contoh Literasi yang Menarik

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kegiatan contoh literasi yang menarik, salah satunya dengan mengadakan Jambore Literasi seperti yang diadakan pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Diarpus atau Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Lahir Kabupaten Sukabumi ke-154 pada tahun 2024 ini.

Dalam Jambore Literasi ala Diarpus Kabupaten Sukabumi banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan macam-macam literasi literasi baik literasi baca tulis, sains, digital, sampai budaya dan kewargaan. Semua acara dikemas sedemikian rupa agar masyarakat tertarik dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan di dalamnya.

Di antara banyaknya kegiatan di Jombore Literasi di Kabupaten Sukabumi ini salah satunya adalah ragam perlombaan bidang literasi dalam beberapa kategori yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, guru, pengelola perpustakaan, dan masyarakat pada umumnya.

Perlombaan-perlombaan Pada Jambore Literasi 

Dalam Jambore Literasi dalam rangka HUT Kabupaten Sukabumi tahun ini setidaknya ada 9 jenis perlombaan yang siap digelar dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan secara gratis. Berikut beberapa perlombaan yang bisa diikuti dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi

1. Lomba Mewarnai

Untuk lomba pertama dalam Jambore Literasi ini adalah lomba mewarnai. Lomba ini dikhususkan untuk para siswa tingkat Taman Kanak-kanak dan PAUD. Para peserta didik tingkat TK dan PAUD ini bisa mendaftar melalui para gurunya untuk dikolektif dan untuk kepentingan technical meeting juga. 

2. Permainan Tradisional

Permianan tradisional yang dilombakan pada Jambore Literasi di Kabupaten Sukabumi ini adalah lomba egrang batok, galasin, dan perepet jengkol. Adanya lomba jenis permainan tradisional ini adalah salah satu bentuk literasi budaya dan kewargaan untuk mengenalkan pada generasi muda tentang permainan tradisional yang sudah hampir dilupakan.

Untuk lomba permainan tradisional ini sasaran pesertanya adalah para siswa tingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyyah ( SD dan MI). Sekolah-sekolah yang akan mendaftarkan para siswanya bisa dikolektif dan diwakili pebdaftarannya oleh guru pembimbing masing-masing.

3. Lomba Perpustakaan

Lomba selanjutnya adalah lomba perpustakaan untuk tingkat pengelola perpustakaan di sekolah dan juga di desa atau kelurahan di wilayah Kabupaten Sukabumi. Untuk perlombaan ini pemenangnya selain akan mendapatkan penghargaan dari Bupati Kabupaten Sukabumi juga akan mendapatkan perlengkapan untuk sarana perpustakaan.  

4. Lomba Video Pengetahuan

Untuk lomba video pengetahuan ini target pesertanya adalah para guru, tenaga pendidik, dan juga pengelola perpustakaan. Jenis video pengetahuan ini berlaku untuk semua jenis ilmu pengetahuan dengan durasi video maksimal 10 menit saja.

5. Lomba Menulis Cerpen

Untuk para siswa tingkat SMA/MA/SMK ada lomba menulis cerpen di Jambore Literasi tahun ini. Pelaksanaan lomba ini akan dilaksanakan secara daring atau line dan menggunakan tema: Aku dan Sukabumiku. 

6. Lomba Membuat Mural

Lomba membuat mural adalah lomba yang bisa diikuti oleh seluruh warga dengan KTP Kabupaten Sukabumi. Untuk lomba ini boleh mendaftar secara tim dengan anggota maksimal 3 orang.

Nantinya tim yang mengikuti lomba ini akan diberi media untuk membuat mural dengan ukuran 2x1 meter dengan alat-alat bebas milik sendiri. Panitia hanya memberikan 3 jenis cat warna yaitu merah, kuning, dan biru dan para pserta diberi waktu maksimal 6 jam untuk melaksanakan pembuatan muralnya.

7. Lomba Cipta dan Baca Sajak Sunda

Lomba cipta dan baca sajak Sunda terbuka untuk umum. Untuk lomba cipta sajak Sunda beberapa ketentuannya antara lain sajak dibuat minimal 4 bait yang tidak bermuatan SARA dan pornografi. Sedangkan untuk lomba baca sajak Sunda, pembacaan sajaknya dibuat dalam bentuk MP4 dan dikirim secara online ke panitia.

8. Lomba Bertutur

Lomba bertutur atau yang juga dikenal dengan story telling ini dikhususkan untuk para siswa tingkat sekolah dasar kelas 4 dan kelas 5. Lomba ini diadakan secara online dengan cara mengirimkan video bertutur dengan maksimal waktu 10 menit.

9. Lomba Pidato

Untuk lomba pidato ada 3 jenis bahasa yang dilombakan yaitu pidato Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.  Perlombaan ini khusus untuk para siswa tingkat SMA/MA/SMK.

Untuk mengikuti perlombaan ini bisa mendaftarkan diri secara pribadi atau dikolektif atas nama sekolah. Sekolah yang akan mengirimkan perwakilan maksimal bisa mengirimkan 3 peserta untuk lomba pidato ini.

Pada tahap awal lomba pidato akan dilaksanakan secara online, kemudian 10 peserta terpilih akan dihubungi untuk maju ke babak final secara offline.

Mari Kita Dukung Dunia Literasi dengan Menciptakan Kegiatan Literasi yang Menarik

jambore literasi

Generasi muda perlu dirangkul untuk diperkenalkan pada dunia literasi dengan kegiatan atau contoh-contoh literasi yang menarik. Kegiatan Jambore Literasi yang diadakan oleh Diarpus Kabupaten Sukabumi adalah sedikit contoh dari ikhtiar untuk memperkenalkan bahwa dunia literasi itu sangat luas dan menyenangkan tentunya.

Hal-hal positif seperti Jambore Literasi dalam rangka mengenalkan dunia literasi perlu kita dukung dan apresiasi agar terus menjadi agenda yang berkelanjutan agar masyarakat semakin melek dengan setiap informasi dan peristiwa disekitarnya dengan respon yang bijak karena pada dasarnya kita pahami bahwa masyarakat yang sudah teredukasi dengan literasi yang baik salah satu indikatornya adalah peka atau responsif dengan bijak pada setiap momen yang terjadi.

Contoh kegiatan Jambore Literasi dari Diarpus Kabupaten Sukabumi bisa kita adaptasi jika akan mengadakan serupa dalam rangka mengenalkan dunia literasi pada masayarakat atau orang-orang di sekitar kita. Teman-teman bisa melihat detail contoh teknis acara Jambore Nasional ala Kabupaten Sukabumi ini pada media sosial Diarpus Kabupaten Sukabumi di https://www.instagram.com/diarpus_kabsukabumi atau untuk teman-teman yang berdomisili di Sukabumi, bisa banget datang ke Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi di Komplek Gelanggang Pemuda Cisaat untuk berkomunikasi dengan tim dari Diarpus.

Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar