Seedbacklink
BloggerHub

SMK Farmasi, Sekolah Kejuruan Alternatif untuk Kamu yang Suka Dunia Farmasi

SMK Farmasi

Di Setiap tahap kehidupan pastilah kita pernah berada di posisi harus membuat sebuah keputusan. Seperti halnya anak-anak kelas 9 di SMP atau MTs yang harus mempertimbangkan dengan matang kemana mereka akan melanjutkan pendidikan setelahnya.

Ada banyak alternatif pilihan, namun yang terbaiklah yang harus kita perjuangkan. Setelah lulus SMP, ada beberapa sekolah lanjutan yang bisa dipilih seperti SMA, MA, dan atau SMK.

SMA adalah sekolah tingkat atas pada umumnya, MA cocok untuk kalian yang ingin memperdalam agama, dan SMK adalah sekolah kejuruan yang baik untuk kalian yang ingin memperdalam minat dan bakat.

Di SMK banyak sekali jurusan yang dapat dipilih sesuai minat kita, salah satunya adalah SMK Farmasi yang cocok sekali untuk kalian yang sudah menyukai dunia farmasi dan ingin mempelajarinya secara formal.  

Jurusan, Masa Studi, dan Prospek Lulusan SMK Farmasi

Banyak pertanyaan seputar SMK Farmasi ini yang orang belum tahu seperti jurusan apa saja yang ada dalam kurikulumnya, lama belajar, serta prospek untuk lulusan SMK Farmasi.

Untuk teman-teman yang sedang mencari informasi tentang seluk beluk SMK farmasi, kali ini kita akan membahas satu persatu untuk kalian. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Jurusan di SMK Farmasi

Selain jurusan farmasi itu sendiri, ada beberapa alternatif pilihan lain ketika kalian ingin bersekolah di SMK farmasi. Beberapa contoh jurusan yang ada di SMK Farmasi antara lain:

  • Farmasi Klinis dan Komunitas
  • Farmasi Industri

Kedua jurusan tersebut sama-sama membutuhkan ketelitian yang baik dalam belajar karena di jurusan-jurusan SMK farmasi secara umum akan mempelajari tentang dasar-dasar kefarmasian, farmakologi dasar, keselamatan, kesehatan, dan lingkungan hidup yang semuanya memang harus sangat konsentrasi dan teliti.

Masa Studi di SMK Farmasi

Seperti halnya sekolah tingkat atas lainnya seperti SMA dan MA, SMK Farmasi memiliki masa studi yang sama yaitu 3 tahun. Dalam masa 3 tahun ini terdiri dari 6 semester yang mana di pertengahan 6 semester ini siswa SMK Farmasi akan menjalankan Praktik Kerja Lapangan atau PKL yang berelasi dengan jurusan pendidikannya.

Prospek Lulusan SMK Farmasi

SMK Farmasi

Setelah lulus dari SMK Farmasi ada beberapa alternatif yang bisa dipilih. Salah satu yang bisa dilakukan setelah lulus dari SMK Farmasi ini adalah terjun ke dunia kerja.

Peluang kerja untuk lulusan SMK Farmasi baik jurusan farmasi klinis maupun farmasi industri sama-sama tinggi. Hal ini dikarenakan banyak sektor yang membutuhkan ahli-ahli dalam bidang farmasi dewasa ini. 

Beberapa contoh yang bisa menjadi tempat kerja bagi lulusan farmasi seperti di:

  • rumah sakit
  • apotek
  • klinik
  • perusahaan obat
  • puskesmas; dan
  • instansi kesehatan lainnya

Selain masuk ke dunia kerja, lulusan SMK Farmasi juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memperdalam lagi tentang farmasi dan otomatis pilihan jurusan terbaiknya adalah jurusan farmasi atau jurusan-jurusan lain yang masih berelasi seperti jurusan kesehatan masyarakat.

Cari Informasi Seputar Farmasi di Halo PAFI

Untuk mencari informasi seputar dunia farmasi banyak media yang bisa kita akses, salah satunya kita bisa menggunakan Halo PAFI. Halo PAFI sendiri adalah call center dari PAFI yang dapat memberikan informasi dan solusi seputar dunia farmasi yang meliputi:

  • Layanan pengaduan dan keluhan masyarakat
  • pelayanan informasi obat
  • info lowongan kerja kefarmasian
  • info tenaga teknis kefarmasian

PAFI sendiri adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, organisasi profesi yang menaungi para ahli farmasi untuk dapat berorganisasi, berkomunikasi, dan terus meng-upgrade diri dengan informasi-informasi seputar farmasi.

PAFI adalah organisasi ahli farmasi pertama dan tertua yang masih eksis sampai saat ini di Indonesia. Bahkan dalam perkembangannya PAFI sampai sekarang memiliki banyak sekali cabang yang tersebar di banyak kota-kota di Indonesia. Sebaran cabang PAFI ini tiada lain untuk menaungi seluruh ahli farmasi di setiap daerah untuk dapat tetap terkoneksi dengan seluruh ahli farmasi lainnya di seluruh Indonesia.

Salah satu contoh cabang PAFI di wilayah ujung Indonesia adalah PAFI Nduga. Alamat PAFI Nduga berada di Komplek Bandar Udara Akimuga, Meborok, Geselma, Papua. Teman-teman bisa mengakses informasi seputar PAFI Kabupaten Nduga ini di websitenya pafinduga.org

Demikian informasi seputar SMK Farmasi yang meliputi jurusan, masa studi, prospek lulusan SMK Farmasi, sampai Halo PAFI yang bisa teman-teman jadikan media untuk mencari informasi seputar dunia farmasi termasuk di dalamnya informasi tentang tenaga teknis kefarmasian dan juga lowongan kerja yang berhubungan dengan dunia farmasi.

Semoga informasi ini bisa menjadi pencerahan bagi teman-teman dalam mengenal dunia farmasi, termasuk SMK Farmasi yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk yang akan melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMP atau MTs untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kefarmasian.

Posting Komentar