Seedbacklink
BloggerHub

Tanya Jawab Seputar Blog untuk Pemula

Seputar Blog

Komunitas One Day One Post (ODOP) setiap tahunnya membuka pendaftaran bagi anggota baru yang ingin bergabung. Semua pendaftar dibina dalam program OPREC atau Open Recruitment selama beberapa pekan untuk mengenal lebih dekat dengan komunitas ini.

Banyak agenda-agenda selama masa Oprec di Komunitas ODOP, salah satunya adalah pemberian materi tentang dunia kepenulisan. Dari berbagai ragam kepenulisan, dunia blog pun sebagai salah satu media untuk menulis tak luput dari bahasan. Materi ini cocok sebagai pengenalan blog untuk para blogger pemula.

Di Oprec 2024 ini materi mengenal blog dan tanya jawab seputar blog dibawakan oleh Blogger dengan banyak prestasi, Yunita Srie Wijaya. Blogger asal Batam ini adalah salah satu anggota ODOP batch 9 dan telah banyak mengukir prestasi, termasuk memenangkan beberapa perlombaan menulis dengan media blog.

Mengenal Blog

Kamis, 6 Juni 2024 pelaksanaan Oprec ODOP 2024 diisi dengan pemberian materi berjudul Mengenal Blog dengan narasumber Yunita Sri Wijaya, narasumber yang aktif di kelas ODOP Blog Squad atau OBS. Materi kedua ini dipandu oleh moderator Mairoza Rahman dari ODOP Batch 8.

Dalam pemaparan materinya narasumber menjelaskan tentang dasar-dasar blog, termasuk alasan mengapa banyak orang memilih blog sebagai media untuk menulis. Contoh alasan memilih blog untuk menulis seperti:

  • Cara membuat, menyimpan, dan merawat blog cenderung lebih mudah
  • Sistem penyimpanan tulisan rapi
  • Mudah dibagikan kepada orang lain.
  • Proses publikasi cepat tanpa harus menunggu approval atau kurasi dari editor

Hal lain yang narasumber jelaskan adalah tentang Blogspot dan Wordpress yang banyak digunakan oleh para blogger untuk menulis. Baik Blogger maupun Wordpress memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saran narasumber, pilih yang paling sesuai dan nyaman menurut masing-masing.

Saya sendiri menggunakan platform Blogger sejak awal menulis dan masih bertahan hingga saat ini. Saya juga menulis di UGC seperti kompasiana, namun hanya sesekali saja. Saran saya, apapun pilihan platform yang Teman-teman pilih pastikan kamu mengetahui plus minus masing-masing.

Tanya Jawab Seputar Blog

Setelah uraian materi selesai, kelas Oprec dilanjutkan dengan tanya jawab seputar dunia blog. Para peserta sangat antusias bertanya kepada narasumber tentang tema ini.

Berikut beberapa contoh tanya jawab tentang dunia blog dalam kelas Oprec Komunitas ODOP

1. Platform Blog

Soal: Ada banyak platform untuk blog, seperti blogger, wordpress, dan lain-lain. Kalau rekomendasi kakak, platform mana yang bagus? Mengapa? Pernahkah kakak merasa jenuh dengan aktivitas blogging? Jika ada, mengapa? Bagaimana mengatasinya?

Jawab: Pilih yang sesuai kenyamanan. Saya tidak bisa pilihkan, karena kenyamanan tiap orang berbeda-beda. Kalau tidak mau Ribet dengan bahasa pemrograman bisa pilih WordPress. Minusnya harus siap biaya lebih besar ya. Kalau saya, pilih pakai blogger karena sejak Awal kelas yang saya ikuti menganjurkan pakai blogger. Cuma bayar buat beli domain, minusnya harus mau pusing ngoprek html. Kemudian saya manusia biasa. Tapi kalau punya tujuan yang kuat, big why yang mantap, tidak akan lama-lama jenuhnya. Saran saya, kuatin big why ngeblognya dulu ya.

Soal: Kelebihan dan kekurangan untuk blogspot dan wordpress apa ya?. Bila sudah terlanjur mengawali menulis di blog dengan model gado-gado, merapihkan supaya lebih fokus/satu pilihan, bagaimana caranya?

Jawab: Kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress sudah dibahas di atas. kemudian Kalau udah terlanjur ke gado-gado tidak masalah, lanjut saja menulis sesuai niche yang dipilih, bangun niche tulisan dari Awal, buat postingan sebanyak-banyaknya. Postingan lama jangan dihapus.

2. Niche Blog

Soal: Kalau blog kita belum punya tema besar alias masih gado-gado banget. Semua ditulis. Bagaimana menemukan tema besarnya?

Jawab: cara melihat tema besar di blog adalah dengan melihat tag atau labelnya. Biasanya banyak membahas apa? Bahas kecantikan, kesehatan, kesehatan mental? Lebih banyak postingan apa? Pasti ada benang merahnya disitu. Itulah tema besarnya.

Soal: untuk membuat niche blog itu pasti ada fase dimana kita jenuh dengan pembahasan dan topik yang itu-itu saja dan kadang kehabisan ide untuk menulis. menurut kakak itu solusinya bagaimana?.

Jawab: lakukan sesuatu yang menarik, bisa tidur, nonton, rebahan, baca buku, jalan-jalan, makan, apapun lah.. Lakukan saja yang disukai, terus kalau ada yang menarik bolehlah ditulis di notepad, hape atau catatan kecil. Dari situ akan muncul ide-ide tulisan.

3. Penghasilan dari Blog

Soal: Apakah blogger bisa dijadikan profesi utama? Berapa penghasilan terbesar yang pernah diterima jika diakumulasikan dalam satu bulan?

Jawab: Pekerjaan apapun jika dilakukan dengan serius maka hasilnya akan serius. Makanya banyak yang menjadikan bloger sebagai pekerjaan utama, tapi tentu harus ada ilmunya.

4. Tampilan Blog

Soal: Bagaimana cara mengatur tampilan blog? Karena benar-benar belum paham soal tools-nya 

Jawab: Sebelumnya Kakak harus tahu dulu pakai platform apa. Kalau wordpress lebih banyak pilihan template yang eye catching, apalagi landing page-nya, keren-keren banget. Begitu pun dengan blogger, banyak pilihan template gratis dan premium yang bisa digunakan.

Yuk Ngeblog

Teman-teman yang mau belajar tentang blog boleh bergabung dengan Komunitas ODOP yang mana salah satu kelasnya ada tentang pembahasan blog. Komunitas ODOP ini diketuai oleh Mbak Jihan Mawaddah yang aktif mengelola blog jeyjingga dan dikenal sebagai blogger yang berprestasi juga sudah banyak memenangkan banyak lomba menulis di blog.

Banyak manfaat dari ngeblog. Kalau Mbak Yunita berprinsip ngeblog itu buat berdakwah

Blogging adalah salah satu cara berdakwah yang bisa dilakukan siapa saja. Dakwah adalah poros hidup dan wajib bagi seorang muslim. Saya menganggap blogging adalah salah satu jalan untuk berdakwah, menebarkan kebaikan. Saya mungkin tidak bisa berdakwah secara terus menerus dalam suatu forum, namun saya bisa berdakwah dari belakang laptop lewat tulisan-tulisan. Semoga nanti setiap hurufnya dapat memberi kesaksian yang baik di yaumil akhir. Amiin. Mari sama-sama menebarkan kebermanfaatan dengan banyak menulis tentang kebaikan

Posting Komentar