Seedbacklink
BloggerHub

Definisi, Cara Tukar Voucher Sodexo, dan Tempat-tempat untuk Menukarkannya

Teman-teman ada yang pernah mendengar atau sudah tahu apa itu voucher Sodexo, cara tukar voucher Sodexo, dan di mana saja dapat menukarkannya? Mungkin sebagian sudah ada yang tahu dan sebagian belum mengenalnya. Tapi siapa tahu suatu saat dapat voucher ini, jadi nanti tidak kebingungan lagi bagaimana dan di mana kita dapat menukarkannya setelah membaca tulisan ini.

Mudah-mudahan ini bisa jadi literasi finansial untuk teman-teman sebagai referensi tentang voucher Sodexo. Tapi disclaimer dulu, ya, artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika mendapat voucher Sodexo sewaktu mengikuti lomba menulis di blog tentang properti yang diselenggarakan oleh Sinarmas.

Apa itu Voucher Sodexo?

Ketika menghadiri penganugerahan untuk para pemenang lomba blog di kantor pemasaran Bumi Serpong Damai atau BSD yang diselenggarakan oleh pengembang properti Sinarmas, para nominator yang menjadi tamu mendapatkan bingkisan yang salah satu di antaranya adalah voucher Sodexo atau Sodexo Gift Pass Voucher.

Apa itu voucher Sodexo?

Voucher Sodexo adalah voucher yang memberikan kebebasan kepada setiap penerimanya untuk memilih sendiri hadiah jenis apa yang diinginkannya. Voucher ini sudah sangat terpercaya digunakan oleh banyak orang  karena dikeluarkan secara resmi sehingga secara hukum legal untuk digunakan berbelanja sesuai nominal rupiah yang tertera di dalam voucher tersebut
Apa itu voucher Sodexo?

Voucher Sodexo memiliki jenis nominal Rp50.000 dan Rp100.000 sesuai yang tertera pada voucher fisiknya. Voucher fisik Sodexo ini memiliki watermark tertentu atau ada juga yang polos sesuai dengan ketersedian yang ada.

Cara Tukar Voucher Sodexo

Voucher Sodexo yang kita dapatkan misal dari bonus perusahaan atau hadiah dari teman bisa kita tukarkan dengan banyak produk yang kita inginkan secara bebas di toko atau merchant yang sudah bekerja sama dengan perusahaan yang mengeluarkan voucher Sodexo ini.

Voucher Sodexo adalah pengganti uang dalam transaksi pembelian kita. Caranya mudah saja, kita tinggal datang berbelanja, misal membeli baju ke Matahari, kemudian pas di kasir saat pembayaran, kita bisa membayarnya dengan voucher tersebut sesuai nominal uang yang kita miliki. Kalau ternyata kurang, tinggal ditambah dengan uang tunai.

Contoh, ketika membeli baju dengan harga Rp220.000, kita bisa membayar pakai voucher Sodexo nominal Rp 50.000 empat lembar, yang berarti berjumlah Rp 200.000. Kekurangan Rp20.000 untuk pembayaran ke kasir bisa kita tambahkan dari uang tunai yang kita miliki.

Jika kita membayar dengan voucher Sodexo dengan jumlah nominal Rp 250.000 untuk pembayaran Rp220.000, maka sisa voucher Rp30.000-nya tidak bisa dikembalikan dalam bentuk uang, maka memang sebaiknya belanja dengan harga yang pas dengan voucher yang kita miliki atau kekurangannya kita tambahkan dengan uang tunai dari pada nominal voucher-nya lebih dan tidak bisa di uangkan sisanya.

Oh iya, voucher Sodexo ini memiliki masa kadaluwarsa atau expired date. Jadi perhatikan tanggal masa habis berlaku yang tertera dalam voucher fisiknya, karena kalau sudah terlewat tidak akan bisa kita gunakan sama sekali dan jelas tidak bisa akan kita perpanjang masa berlakunya. 

Tempat-tempat untuk Menukarkan Voucher Sodexo

Cukup banyak merchant yang bisa dijadikan tempat untuk menukarkan voucher Sodexo dengan produk-produk yang mungkin salah satunya adalah produk kesukaan kita. mulai dari pakaian, makanan, sampai skincare.

Berikut beberapa merchant yang menerima voucher Sodexo

1. Supermarket

Untuk supermarket juga lumayan banyak yang bisa kita jadikan untuk tempat berbelanja menggunakan voucher Sodexo. Sebagai toko yang besar, di supermarket kita bisa mendapatkan segala kebutuhan seperti bahan pokok atau sembako sampai perkakas rumah tersedia. Beberapa supermarket yang bekerja sama bisa menukarkan voucher Sodexo antara lain: 

  • Alfamidi
  • Alfamart
  • Aneka Jaya
  • FamilyMart
  • Lulu
  • KedaiMart
  • Tip Top
  • Dan+Dan
Sewaktu punya voucher Sodexo, Alfamart adalah salah satu yang pernah dicoba untuk berbelanja dan alhamdulillah memang bisa, pelayanan dari petugas Alfamart pun as usually ramah ketika berbelanja menggunakan voucher Sodexo.

2. Food and Beverage

Food and beverage atau juga biasa disingkat F&B adalah merchant atau tempat penjualan yang menyajikan makanan dan minuman. Ada banyak tempat  atau merchant food and beverage yang bisa kita datangi untuk berbelanja menggunakan voucher Sodexo, seperti:

  • Holycow
  • B'steak
  • Yamogoya
  • Kkuldak
  • Han Palace
  • Javara
  • The Harvest
  • Flash Coffee

3. Department Store

Merchant untuk Menukarkan Voucher Sodexo

Matahari adalah department store yang pernah dicoba untuk berbelanja dengan menggunakan voucher Sodexo. Lumayan sekali bisa membeli beberapa pasang pakaian anak-anak dengan menggunakan voucher Sodexo ini. Selain Matahari, beberapa department store untuk menukar voucher Sodexo yaitu:

  • Zalora
  • Levis
  • Cosmic
  • MAP
  • Ananda
  • Hardware
  • Nicole Lee
  • Piere Cardin

4. Leisure and Hoby

Bidang Leisure dan Hoby adalah tempat atau merchant penukaran voucher Sodexo yang berhubungan dengan hobi dan kegiatan waktu santai kita seperti menonton bioskop misalnya. Contoh merchant untuk leisure dan hoby untuk penukaran voucher Sodexo yaitu:

  • mTix
  • Berima Bike
  • Pisode

5. Automotive

Automotive adalah dunia yang berhubungan dengan motor, mobil, bus, truk, dan lain-lain. Untuk bidang automotive yang bisa jadi tempat untuk menukarkan voucher Sodexo adalah:

  • Yamaha
  • Tunas Toyota; dan
  • Holy Ban

Demikian informasi tentang apa itu voucher Sodexo, cara tukar voucher sodexo, dan juga merchant-merchant untuk menukarkannya dengan produk-produk yang kita inginkan. Semoga tulisan bermanfaat sebagai literasi finansial untuk teman-teman dan semoga teman-teman yang belum pernah dapat voucher Sodexo suatu saat dapat menerima dan bisa menukarkannya di tempat-tempat idaman dengan produk-produk yang sudah kita idam-idamkan. Aamiin ya robbal aalamiin.  

19 komentar

  1. Dulu sering dapat reward dari kantor berbentuk voucher sodexo ini. Sampe masih ada Yang belum kepakai dan udah terlanjur ke Turki, ee disini jarang ada yang nerima voucher sodexo. Klo dulu seringe buat belanja di matahari. Lumayan banget sich.

    BalasHapus
  2. aku baru tau family mart bisa terima voucher ini, untung banget :D

    BalasHapus
  3. Wahh bener bener enak banget kalau punya vouchernya, gak perlu bawa duit lagi. Tapi pastiin harga barangnya bisa pas dengan voucher dipunya. Karena memang voucher ini gak kasih uang kembalian, jadi biar gak rugi kalau bisa sepas pasnya 😁

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya opsi untuk penukaran voucher sodexo. Jadi, gak sulit kalo dapet voucher tersebut.

    BalasHapus
  5. Sungguh menyenangkan ya klo dapat voucher ini. 😄 Menyenangkan dan amat bermanfaat. Hadiah yang memahami kondisi ini.

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu voucher sudexo ini, enak banget ya bisa dibayar dengan uang cash jika ada kekurangan dengan nominal belanja kita. Biasanya kan kalau voucher harus saklek sesuai nominal voucher. Ini enak banget sih, apalagi bisa digunakan di Alfamart yang dekat rumah. Jadi bisa pakai jajan, hehe.

    BalasHapus
  7. Lumayan juga ya kak rewardnya. Berarti kalau dapat banyak vouchernya maka semakin banyak juga dong hadiahnya?

    BalasHapus
  8. Lho aku baru tahu ada voucer jenis ini. Biasanya klo ke matahari pakai cardnya matahari. Voucer ini g dijual bebas ya kak, atau memang khusus untuk kalangan tertentu saja ya? :)

    BalasHapus
  9. Aku pernah dulu dapat voucher Sodexo. Memang lebih efektif dan efisien ya dengan begini yang kita butuhkan sesuai deh. Daripada misalkan kasih benda apa yang ternyata ga cocok. AKu pernah tukarkan voucher ke Alfamidi dll, lumayan juga ya hehehe.

    BalasHapus
  10. Dulu pernah dapat dari menang lomba tapi ga tau cara pakainya hihi ternyata bisa juga ya di alfamart duh duh

    BalasHapus
  11. Saya dulu suka dapat voucher ini dari kantor dan biasanya dipakai makan di The Holicow, dan sekarang kayaknya makin banyak merchant yang bisa menggunakan Sodexo ini ya

    BalasHapus
  12. Wah keren banget voucher Sodexo ini kita bisa beas pilih hadiah apa yang kita mau yaa. Kalau ke Matahari bisa nih belanja pake voucher Sodexo, lumayan bisa beli baju buat Agustusan hehehe. Ternyata bisa juga buat beli sembako di Alfamart.

    BalasHapus
  13. Saya sudah lama pakai Sodexo untuk jajan bahkan sampe gift. Awalnya agak bingung cara tukarnya, tapi setelah tahu tempat-tempat yang jadi partner Sodexo, jadi lebih mudah. Menurut saya, fitur online Sodexo juga sangat membantu untuk cari merchant terdekat. Semoga makin banyak lagi bekerjasama dengan restoran dengan pilihan menu yang lebih variatif.

    BalasHapus
  14. Wah aku baru tahu tentang voucher sodexo ini, hehe... Dan, ternyata untuk menukar voucher sodexo itu bisa di mana saja ya, pas banget sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  15. asik banget ya kalau ada voucher Sodexo gini jadi bisa belanja hemat, apalagi kalau pas lagi diskon besar ya, bisa double diskon juga kayaknya nih :)

    BalasHapus
  16. Ini nih voucher favorit aku. Dulu sebelom pandemi aku sering dapet dari kontes. Yang bikin voucher ini favorit aku, karena merchant-nya banyak. Dari toko sembako hingga toko barang mewah. Jadinya aku bisa beli banyak hal dengan voucher Sodexo ini.Bisa kapa aja juga dipakenya. Gak kayak voucher lain yang kadang dan banyaknya produk mahal-mahal aja. Gak setiap saat jadinya bisa dipake.

    BalasHapus
  17. Voucer Sodexo sekarang tampilannya jadi Pluxee kak... merchant nya sih sama. Kalau dapet biasanya aku pakai jajan di alpa :D

    BalasHapus
  18. Paling happy kalau dapat voucher yang bisa ditukar di banyak outlet dengan berbagai jenis begini, semisal voucher sodexo. Jadinya manfaat yang dirasakan dari si voucher tadi bisa disesuaikan sama kebutuhan deh.

    BalasHapus
  19. Aku pernah tulis juga soal penukaran voucher
    Tapi lebih ke voucher makan di salah satu restoran ternama tapi sekarang sedang diboikot
    Tulisan ini long lasting banget

    BalasHapus