Seedbacklink
BloggerHub

Klub Lisenzia, Ekskul yang Menarik di SMA IT Adzkia Sukabumi

ekskul yang menarik

Setiap sekolah pastinya memiliki beberapa ekskul menarik untuk memfasilitasi para siswa belajar selain pembelajaran di dalam kelas. SMA IT Adzkia Sukabumi juga demikian, bidang kesiswaannya berkomitmen memberikan media pembelajaran baik di kelas maupun tambahannya melalui ekstrakurikuler yang dapat menampung setiap potensi anak didik.

Klub Lisenzia adalah salah satu ekskul yang menarik di antara sekian ekstrakurikuler yang ada di SMA IT Adzkia. Lisenzia sendiri adalah singkatan dari Literasi SMA IT Adzkia.

Berkenalan dengan Klub Lisenzia, Ekskul yang Menarik Tentang Dunia Literasi

Komitmen SMA IT Adzkia Sukabumi dalam mengembangkan literasi di dunia pendidikan yang dikenal dengan Gerakan Literasi Sekolah atau GLS dibuktikan salah satunya dengan mengadakan ekstrakurikuler tentang dunia literasi. Di Ekstrakurikuler ini para anggota yang bergabung akan belajar tentang menulis dan membaca sebagai kegiatan utama dalam literasi.

Pengenalan proses membaca dan menulis sebagai kegiatan dasar di kegiatan literasi di ekskul lisenzia ini akan berdasar pada dua jenis tulisan, fiksi dan non fiksi. Dua jenis tulisan ini kemudian akan dibedah menjadi lebih luas karena memang cakupannya banyak juga.

Selain memperdalam dunia membaca dan menulis baik dalam tulisan fiksi maupun non fiksi, para anggota juga selalu berdiskusi tentang hal-hal yang berkaitan dengan literasi, seperti diskusi tentang para penulis wattpad favorit masing-masing atau juga buku kesukaan masing-masing.

Bergabung dengan ekskul yang menarik satu ini juga tak boleh pasif. Sebisa mungkin para anggota harus aktif dan belajar membuat karya sesuai tema diskusi setiap pekannya. Salah satunya seperti tugas membuat puisi setelah ada pembekalan tentang apa itu puisi dan bagaimana cara membuatnya.

Selain belajar tentang dunia literasi, anggota lisenzia juga belajar tentang organisasi. Untuk itu, dibuatlah struktur organisasi kepengurusan setiap tahunnya agar klub ekskul ini menjadi lebih kokoh dengan adanya sosok yang menjadi pemimpin di dalamnya.

Struktur Organisasi Ektrakurikuler Lisenzia SMA IT Adzkia Tahun 2023-2024

gerakan literasi sekolah

Di awal-awal tahun pembelajaran 2023-2024, dibentuklah struktur organisasi ekstrakurikuler klub lisenzia dengan cara berembuk seluruh anggotanya. Calon ketua dipilih dari kelas sebelas dan kelas sepuluh akan membantu pada struktur dibawahnya.

Dari hasil musyawarah secara terbuka, akhirnya terpilih dan terbentuklah susunan pengurus ekstrakurikuler klub lisenzia ini. Berikut susunan pengurusnya:

  • Penanggung Jawab : Kepala SMA IT Adzkia Sukabumi
  • Pembina: Yonal Regen
  • Ketua: Raisa naila Shakira
  • Wakil Ketua: Sarinah Ratu Ayu Lestari
  • Sekretaris: Azzahra Taqiyya
  • Bendahara: Kalisa Bening Hardjono
  • Tim Mading: Haliya Rahmaniyah, Maya Siti Sarah, Salman Alfarisi, Hilmi Abdurahman, Fahri Sidiq
  • Bidang PDD (Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi): Rizky Satria, Hilwa Fariha, Salma Siti Nurwahyu, Rani Nuraeni, Putri Filza

Yuk Gabung dengan Klub Lisenzia, Ekskul yang Menarik di SMA IT Adzkia

Setiap awal tahun pembelajaran, ekstrakurikuler Lisenzia akan membuka pendaftaran untuk bergabung dengan klub literasi ini. Jadi, teman-teman kelas sepuluh di SMA IT Adzkia yang masih bingung mencari ekskul yang menarik yang bisa mengembangkan bakat kalian di bidang literasi, atau kalian hobi menulis dan atau membaca, bergabung dengan klub lisenzia adalah jalan ninja yang tepat.

1 komentar

  1. Nah keren begini ini nih. Ekskul literasi dibina sama jagonya literasi. Semoga banyak melahirkan generasi yang melek literasi. Sukses buat Pak Yonal dan SMA IT Adzkia Sukabumi.

    BalasHapus